IDUL ADHA JATUH PADA 12 SEPTEMBER -->

IDUL ADHA JATUH PADA 12 SEPTEMBER

Sabtu, 03 September 2016, 12:25:00 PM
harianglobalnews.com

HarianGlobalNews.com || Jakarta – Dalam jumpa pers di Kementerian Agama Jl.Thamrin,Jakarta pada Kamis (1/9),Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin mengumumkan bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 12 September.

"1 Zulhijah masuk pada Sabtu 3 September. Dan Idul Adha jatuh pada 12 September,” ucap Lukman yang juga dihadiri perwakilan MUI, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher.
Lukman menjelaskan, hasil rapat Itsbat sudah mendengarkan paparan. Dan posisi hilal di bawah ufuk, yang artinya sulit dilihat. Kemudian dikonfirmasi dengan rukyat. Di beberapa titik di seluruh Indonesia, juga ditaruh tim untuk mengamati hilal.

"Tidak ada yang melihat hilal," ungkapnya..

"Dzulkaidah dengan hasil ini digenapkan menjadi 30 hari," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin langsung sidang isbat. Sidang ini untuk menetapkan awal bulan Zulhijjah 1437 H. Sidang isbat ini penting untuk dapat menentukan Hari Raya Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijjah.

 Tahapan pertama sidang isbat ini dilakukan  oleh Ketua Tim Hisab Rukyat Kemenag Cecep Nurwendaya.

Cecep memaparkan hasil siding isbat yang dilakukan di kantor Kemenag,Kamis (1/9)."Sebagaimana kita ketahui bersama, bulan ialah satelit bumi yang mengedari bumi. Karena kita ada di bumi, maka kita dapat melihat posisi bulan. Yang bisa kita amati bagaimana ketampakan bulan dari hari ke hari berdasarkan pada fasenya atau bentuknya. Secara astronomis kita kenal ada new moon, bulan baru," papar Cecep.

Cecep mengatakan posisi hilal berada dalam posisi negatif dengan ketinggian hilal negatif 1,5 derajat. Kondisi itu membuat hilal terbenam terlebih dahulu ketimbang matahari. Sehingga hari ini masih masuk bulan Zulkaidah.

"Maka, secara hisabnya hari ini masih Zulkaidah. Dengan momen ijtima' pada 1 September 2016, terjadi pada 9.03 GMT atau 16.03 WIB," ucap Cecep.

Secara hisab, lanjut Cecep, awal bulan Zulhijjah ditentukan ketika posisi bulan sudah setinggi 2 derajat. Sehingga kemungkinan awal Zulhijjah akan bertepatan pada Sabtu, 3 September 2016. Untuk mendapatkan Idul Adha masyarakat tinggal menambahkan sembilan hari.

"Dengan menambahkan sembilan hari maka dapat ditentukan Idul Adha," katanya.

Ketua DPRD dan Fraksi PKS Ribut Di Ruang Sidang

Usai pemaparan, peserta sidang menjalani salat Magrib terlebih dahulu. Kemudian akan dilakukan sidang tertutup yang akan dimulai pukul 18.10 WIB.
Dalam sidang hadir Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher dari fraksi PAN, para duta besar negara sahabat, Ketua MUI Ma'ruf Amin, perwakilan dari ormas seperti NU dan Muhammadiyah.( HGN/Tim )

TerPopuler