BPM Nias Utara di duga melakukan Pungli DD dan ADD. -->

BPM Nias Utara di duga melakukan Pungli DD dan ADD.

Selasa, 18 Oktober 2016, 5:24:00 PM
 


Nias Utara | GlobalNews  -  Sehubungan dengan laporan lisan ketua  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) FORTARAN, Febeanus Zalukhu, bahwa pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) dan Pemdes nias utara di duga telah melakukan pungutan liar (Pungli) secara tidak benar terhadap di beberapa Desa di kecamatan Lahewa dan Afulu dengan cara mempersulit pembuatan Perdes tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Desa TA. 2016.


Menanggapi hal tersebut di atas,  banyak menuai pembicaraan masyarakat, wartawan dan LSM di wilayah nias utara  atas tindakan yang tidak terpuji yang di lakukan oleh pihak BPM bila dugaan ini benar.


Menurut , Nosama Zega sebagai Sekretais LSM FORTARAN mengatakan , pihak BPM lempar batu sembunyi tangan untuk menyingkapi  informasi yang di sampaikan oleh Febeanus zalukhu seakan akan tidak berterima untuk di konfirmasi oleh pihak LSM sebagai kontrol social.

“ kok gelisah sih bila tidak benar dugaan tersebut  !!! Santai aja kenapa ???”Ujar Nosama, kepada Global News , Selasa (18/10/2016) Di Kantornya.


Dalam Hal itu , Nosaman zega menanggapi surat undangan dari pihak BPM yang di tunjukkan kepada Febeanus Zalukhu dan beberapa kepala Desa turut di undang oleh BPM untuk menyaksikan klarifikasi informasi yang di disampaikan oleh febeanus Zalukhu.

“ Padahal informasi di maksud sah - sah saja untuk disampai kepada pihak yang diduga, bukan berarti sudah di vonis tapi kenapa pihak BPM alergi untuk dikonfirmasi tentang DD dan ADD, hal ini sepertinya mof atau tamparan kepada kawan - kawan LSM dan Wartawan untuk mematikan karakter kita sebagai mitra kepemerintahan. pihak kita tidak pernah mundur mengungkap keadaan yang sebenarnya di hadapan hukum karna sebelum kita menyampaikan konfirmasi sedikit banyaknya data dan bukti sudah kita dapatkan”Jelasnya.


 Sebelumnya , Sehubungan hasil pertemuan pada saat rapat yang dilaksanakan di gedung BPM nias utara pada tanggal (18/10/16) .

Dalam hasil rapat tersebut tertuangkan , Kepala BPM, Fo,arota Gea meklarifikasi konfirmasi Febeanus Zalukhu, tentang Pungli yang di tuding. Ianya mengatakan  belum melakukan pungli kepada kepala Desa dan tim pelaksana fisik DD dan ADD di wilayah pemerintahan nias utara


“Bila  ada bukti- bukti yang akurat, maka di persilahkan rekan- rekan LSM dan pers untuk menempuh jalur hukum, karna tidak tertutup kemungkinan jikalau anggota saya telah melakukannya”Tandas Fo’arota Gea.(Bz)

TerPopuler