Waduh !! Media Nasional China Sebut Singapura Munafik

Waduh !! Media Nasional China Sebut Singapura Munafik

Senin, 28 November 2016, 5:22:00 PM


Hong Kong - Otoritas China melayangkan nota protes kepada Singapura setelah kendaraan lapis baja pembawa tentara milik Singapura disita oleh otoritas bea cukai Hong Kong saat dibawa dengan kapal dari Taiwan. Singapura disebut munafik oleh media nasional China.

Seperti dilansir Reuters, Senin (28/11/2016), sembilan kendaraan lapis baja pembawa personel militer Singapura disita di Hong Kong pekan lalu. Hal itu memicu kecaman dari Kementerian Luar Negeri China karena Singapura dianggap menjalin hubungan militer dengan Taiwan. Selama ini Taiwan tidak pernah diakui sebagai negara dan masih dianggap oleh China sebagai wilayahnya yang terpisah.

"China telah memberikan pernyataan soal hal ini kepada pihak Singapura," terang juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, dalam konferensi pers.

 Geng menegaskan, China meminta Singapura untuk mematuhi hukum yang berlaku dan bekerja dengan otoritas Hong Kong dalam menangani kasus ini. Hong Kong yang bekas koloni Inggris, dikembalikan ke China pada tahun 1997.

Dijelaskan oleh Geng, China selama ini melarang negara-negara yang memiliki hubungan dengannya untuk menjalin hubungan dengan Taiwan. "Segala bentuk pertukaran resmi apapun dengan wilayah Taiwan, termasuk pertukaran dan kerja sama militer," ujarnya mengenai larangan hubungan dengan Taiwan.

China mengklaim kedaulatan atas Taiwan sejak tahun 1949, ketika pasukan komunis Mao Zedong memenangkan perang saudara China dan kaum nasionalis Chiang Kai-shek kabur ke pulau Taiwan. Otoritas China bersumpah untuk membawa kembali Taiwan di bawah kepemimpinannya, bahkan dengan kekerasan jika perlu. China menegaskan Taiwan merupakan bagian dari 'satu China' yang pemerintahannya berpusat di Beijing.

 Secara terpisah, media nasionalis milik pemerintah China, The Global Times, memperingatkan bahwa hubungan militer dengan Taiwan bisa membahayakan hubungan Singapura dengan China. The Global Times menyebut Singapura munafik.

"Tidak lagi ada alasan bagi Singapura untuk melanjutkan... bentuk pertukaran apapun dengan Taiwan," sebut salah satu artikel opini dalam surat kabar itu, yang ditulis oleh koresponden bernama Ai Jun.

Singapura dan Taiwan memiliki hubungan militer sejak lama, yang dimulai tahun 1970an. Dalam hubungan itu, Taiwan terlibat dalam pelatihan pasukan infanteri pada militer Singapura. Selama ini, otoritas China terpaksa mentolerir hubungan itu setelah pihaknya dan Singapura membangun kembali hubungan diplomatik keduanya pada tahun 1990-an.

TerPopuler