Desa Hilimbosi Dilanda Banjir,BPBD Belum Terlihat Dilokasi,Ini Tanggung Jawab Siapa..? -->

Desa Hilimbosi Dilanda Banjir,BPBD Belum Terlihat Dilokasi,Ini Tanggung Jawab Siapa..?

Jumat, 09 Desember 2016, 7:27:00 PM

Nias Utara  -   Musim Hujan yang tidak berkesudahan dalam beberapa bulan  ini , banyak masyarakat mengeluh untuk melakukan aktivitas  sehari- hari,  baik masyarakat yang profesinya Petani dan juga pegawai Negeri Sipil  (PNS)  yang sangat terganggu menjalankan tugas masing-masing yang semestinya harus dilaksanakan.

 Seperti ini  yang terjadi di Desa hilimbosi, kecamatan sitolu'ori , kabupaten nias utara,  yang sedang dilanda banjir, tepat di jembatan gantung dan jembatan bodowu awa,ai, dengan ketinggian mencapai 100 cm dari daratan.

Hal ini di katakana , Kepala Desa Hilimbosi, Fo'arota zega mengatakan , pihaknya meminta Pemerintah kabupaten Nias utara Melalui Dinas sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meminta perhatian yang serius dalam hal pencegahan atau solusi agar dikemudian hari jangan terjadi hal yang sama.

“Kami meminta Pemerintah untuk menanggapi kejadian ini , apalagi lokasi yang sedang dilanda banjir adalah satu- satunya jalan yang seharusnya dilintasi oleh masyarakat banyak baik yang menuju kota gunungsitoli juga untuk menuju kabupaten nias utara (jalan Provinsi).”Ujar Foarota Kepada Global News ,Jumat (9/12/2016) Sore.

Dikatakannya, ia memohon kepada Bupati Nias Utara agar dapat memperhatikan cara penanganan banjir yang sering  terjadi dilingkungan Desa hilimbosi.

“Ini  bukan hal yang baru lagi pak , hampir setiap bulan atau setiap minggu bahkan sudah beberapa tahun hal ini terjadi, untuk itu mohon perhatian yang serius dari pihak pemerintah kabupaten nias utara demi kepentingan masyarakat umum”.Tandas Foarota.

Salah seorang masyarakat yang sedang melintas yang sudah menunggu dari jam 10.00 pagi hingga    sampai sore hari, Ibu Heni (30) ,  ianya mengungkapkan kesedihannya ketidak bisanya melewati banjir yang tidak surut- surut karna hujan yang tidak berhenti.

“Dari tadi pagi saya tunggu banjir sampai surut pak, namun hingga sore ini belum juga kunjung surut. Rumah saya di gunungsitoli , hal ini akan sia-sia waktu saya karena banjir yang tidak bisa di lewati ini. Saya benar-benar sulit untuk mengurus  kepentingan saya   di kabupaten Nias utara tepat  di lotu dalam hal pengurusan Administrasi di dinas kependudukan”.Keluh Ibu Heni.

Sementara itu , awak media mencoba  menghubungi PLT Dinas social Nias Utara, Drs.Fonaha zega melalui telepon seluler, Namun  ia  menjawab bahwa berada di luar kota dan tidak bisa menanggapi hal ini.

“ Saya lagi di luar kota pak, saya belum bisa pastikan tanggapan saya. Karena saya belum lihat lokasi kejadian itu,nanti yah pak, tunggu saya pulang dari luar kota”.Ucap Fonaha Zega sambil menutup Telpon selulernya.

Terpantau di lokasi, banyak kendaraan roda dua mogok karena ketinggian banjir yang di lalui dan pengendara berusaha mengeluarkan air yang tengah masuk di knalpot mereka.

Sampai berita ini diturunkan , pihak pemerintah kabupaten Nias utara belum datang dilokasi terjadinya banjir baik dari Dinas sosial juga dari pihak Badan  Penanggunglangan Bencana Daerah (BPBD) .

Penulis    :  Bazatulo Zega
Editor      :  Rendy

TerPopuler