Lapor Pak Bupati !! Pembangunan SPAM IKK Lotu Asal-asalan

Lapor Pak Bupati !! Pembangunan SPAM IKK Lotu Asal-asalan

Minggu, 04 Desember 2016, 8:33:00 PM

Nias Utara  -  Banyak menuai  kritikan masyarakat kabupaten Nias utara atas pengerjaan pembangunan Sistem penyedia air minum (SPAM) Tentang Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) tepat di Lotu ,Kabupaten Nias utara, provinsi sumatera utara , yang bermuara hanya meraih keuntungan semata yang di lakukan oleh kontraktor tanpa memperhatikan kwalitas ketahanan fisik bangunan dimaksud yang belum beberapa hari selesai banyak mengalami kerusakan.

Dalam Hal ini ,Pengerjaan pembangunan SPAM IKK tersebut di kelolah oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,serta  Direktorat Jendral Cipta Karya, Direktorat Pengembangan air Minum, Satuan kerja pengembangan air minum strategis, melalui PT. DHARMA KARYA DHIKA ALAMBHANA sebagai pelaksana pekerjaan.

 Pagu dana Yang di gunakan sebesar  Rp 10.483.100.000. (Sepuluh miliar empat ratus delapan puluh tiga juta seratus ribu rupiah) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan  dan Belanja Negara (APBN).

Pada tanggal 28 November 2016 Dewan Pimpinan Kabupaten Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (DPK-LAKRI) ,Yusman Zai ,menyampaikan surat perihal Klarifikasi kepada Kontraktor yang diterima oleh Martin sebagai pimpro SPAM  IKK.

Namun , Berdasarkan hasil investigasi DPK-LAKRI Kabupaten Nias Utara, menduga kuat penyelesaian  pelaksanaan pekerjaan pembangunan SPAM  IKK itu  tidak tepat waktu,sementara  yang telah ditentukan (06 April 2016 sampai dengan 04 September 2016) .Yang artinya , pekerjaan itu sudah melampauhi batas waktu yakni 3 Bulan.

“Sudah jelas terlambat lah pak, masak pengerjaannya telat begitu. Apalagi yang paling di sayangkan, cara pelaksanaan pekerjaannya asal- asalan. seperti terlihat , galian kedalaman perpipaan diduga tidak sesuai bestek dan rab yang berfareasi yakni 20 cm sampai 40 cm. Sementara  pada lokasi yang seharusnya 70 cm dan pada lokasi yang seharus galian kedalaman perpipaan 150 cm dan kenyataan di lapangan 50 cm sampai 70 cm,  kedalaman galian pondasi rece foward hanya 20 cm sampai 40 cm yang seharusnya 70 cm, pembangunan gudang penampungan air sebagian tidak memakai batu kali, di sepanjang pemasangan perpipaan tidak ada pasir urug sehingga diragukan ketahanannya, Spesifikasi bangunan pendukung yakni pemasangan batu dan semen tidak beraturan hanya main taburkan saja, ketebalan pipa diduga tidak sesuai dengan perencanaan dan sambungan pipa banyak yang terlepas terbukti banyak titik sambungan pipa yang telah di bongkar kembali oleh pekerja.”Ujar Yusman Zai.


Dalam hal ini , menuai kritikan di berbagai kalangan masyarakat dan  sejumlah media, Kristian H. Zalukhu ketua  cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) kabupaten Nias Utara, angkat bicara saat di mintai tanggapannya (02/12/2016) ,ia mengharapakan kepada kontraktor supaya pekerjaan  yang di anggap tidak benar segera diperbaikin.

Pasalnya,  hadirnya pembangunan air minum strategis di lotu kabupaten nias utara sangat di butuhkan oleh masyarakat, karna sulitnya mata air disekeliling kota kabupaten nias utara . untuk itu sangat mengharapkan keseriusan cara kerja kontraktor.

“Saya sangat  menyayangkan kinerja pengawas dari Kemetrian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat Ditektorat Jendral Cipta Karya Direktorat Pengembangan air minum yang kurang aktip di lokasi pekerjaan setiap hari sehingga akibatnya kontraktor semau hatinya malaksanakan pekerjaannya.”Cetus Kristian.

Dikatakannya, Pengurus dan anggota PWRI, segera melakukan audensi kepada Bupati dan PU nias utara untuk menyampaikan hasil investigasi dilapangan yang berhubungan dengan pembangunan SPAM IKK lotu.

“Pemerintah Nias Utara  jangan terburu- buru melaksanakan serah terima bangunan di maksud tanpa disurvei dengan sebenar-benarnya . karna di duga kuat banyak kelemahan yang tidak sesuai dengan yang di harapkan oleh pihak pemerintah atau masyarakat.bahkan kita segera menyampaikan laporan kepenegak hukum yang tembusannya kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Cipta Karya Direktorat Pembangunan Air Minum Satuan Kerja Pengembangan Air Minum Strategis.”Tandasnya.

Hal yang sama di sampaikan oleh Tenniatto gea (35)  tokoh pemuda kabupaten nias utara) mengutarakan kekecewaan atas keterlambatan penyelesaian pelaksanaan pembangunan SPAM IKK lotu, masyarakat merasa dirugikan baik dari segi waktu dan apalagi cara mengerjakannya terkesan asal jadi.

“Kami warga mengharapkan  kepada Pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Cipta Karya Direktorat Pengembangan air minum satuan kerja Pengembangan air minum strategis untuk segera melakukan pemantauan di pembangunan SPAM IKK lotu, agar kontraktor jangan menyia-nyiakan uang negara yang jumlahnya puluhan miliyaran rupih tentu tidak ada lagi alasan kontraktor  menyelesaikan pekerjaan itu dengan baik.”Ucap Tenniatto.

Sementara , menurut Martin (Pimpro-red) saat di jumpai di lapangan mengatakan , Ianya mengakui bahwa memang banyak yang mengalami kerusakan dan itu semua akan dibongkar untuk memperbaikin kembali.

“ Saya tidak takut menghadapi kelemahan itu semua, karna dalam pembangunan pekerjaan  SPAM IKK ini banyak saya alami kerugian”. katanya, dengan nada emosional dan kekesalan, sambungnya surat klarifikasi yang di sampaikan oleh DPK LAKRI tidak perlu saya balas karna temuan itu akan diperbaki kembali. (Bazatulo zega)

TerPopuler