PROYEK PENINGKATAN JALAN DESA BANUA GEA DIKERJAKAN ASAL-ASALAN

PROYEK PENINGKATAN JALAN DESA BANUA GEA DIKERJAKAN ASAL-ASALAN

Sabtu, 03 Desember 2016, 6:17:00 PM

GlobalNews - Memang lidah pandai bersilat, yang salah bisa dikatakan benar dan yang benar bisa dikatakan salah dengan berbagai alasan dan pertimbangan yang di paksakan harus masuk akal, Salah satu contoh konkrit yang tidak patut di contoh proyek peningkatan jalan dari dusun lV Desa Banua Gea menuju dusun Hilina'a Desa silima banua kecamatan Tuhemberua kabupaten nias utara yang cara mengerjakannya asal jadi tanpa memikirkan kepentingan masyarakat umum atau mutu dan kwalitas fisik,
Proyek tersebut dikerjakan oleh CV.Alva dominggo dengan direktur Adrianus gea pagu dana Rp 982.901.000.-

Salah seorang tokoh masyarakat desa si'ofa banua Sm.Gea mengatakan kepada global news jum'at (4/11/2016) proyek peningkatan jalan dimaksud sangat disayangkan kenerja rekanan yang di percayakan pemerintah kabupaten nias utara sebagai pemenang pada saat pelelangan dimana cara pengerjaanya tidak sesuai yang diharapakan oleh masyarakat karna belum beberapa hari setelah di kerjakan sudah banyak mengalami kerusakan apa lagi kalau sampai beberapa bulan tentu tidak layak lagi untuk dimanfaatkan.

Pemakaian bahan material yang sungguh tidak layak dipergunakan seperti pasir yang bercampur lumpur, pemasangan batu yang tidak beraturan apalagi cara pengaspalan sangat tipis dan di kerjakan pada saat musim hujan, bahu jalan yang berfareasi cara pemasangannya ada juga yang tidak kelihatan sambungnya.

Yason harefa ketua DPP TIPIKOR nias utara mengatakan saat dimintai tanggapannya dikantornya kamis (03/11/2016) ianya sangat menyayangkan kenerja Dinas PU nias utara yang mandul dalam hal pengawasan pekrjaan dimaksud, apalagi kalau kita melihat  PPK nya Yulius zai yang juga sebagai PLT kadis dan sekretais PU bagaimana bisa terjangkau pengawasannya, dan ini terindikasi KKN bagaimana seorang kadis PU menjadi PPK sementara beliau Pengguna anggaran tentu dalam hal ini diduga kuat ada kerjasama dengan rekanan.

Yason harefa mengatakan, bila PPK yang kurang Pengawasan di proyek peningkatan jalan desa banua gea sama siapa disampaikan dan siapa yang dapat mengambil kesimpulan sementara PPKnya yang mandul PLT Dinas PU sendiri, wajar saja bila rekanan itu cara kerjanya asal- asalan tidak ada yang ditakutin. sambungnya informasi yang berkembang dari masyarakat PPK yulius zai sebagai PLT kadis PU tidak pernah kelihatan di lokasi pekerjaan peningkatan jalan desa banua gea di maksud.

Yason harefa mengharapkan kepada Bupati Nias Utara untuk mengkaji ulang kinerja PLT Kadis PU nias utara Yulius zai karna hampir semua proyek di wilayah nias utara yang sedang di kerjakan dan juga yang belum selesai banyak mengalami kerusakan karna ketidak seriusnya rekanan yang artinya hanya meraih keuntungan semata dan hal ini terjadi akibat kurangnya ketegasan dari pihak PU/PPK.

Hal yang senada di sampaikan oleh tokoh Pemuda nias utara Tenniatto Gea, mutu pekerjaan itu tergantung dari Pengawasan di lapangan oleh pihak PU dalam hal ini PPK. Tapi menurut dia yang terjadi selama ini PPK itu enggan menegur rekanan karna diduga ada persengkokolan yang serius apalagi bila kadis PU sebagai PPK nya ini namanya lucu tapi nyata seperti di proyek peningkatan jalan didesa banua gea yang informasinya dari masyarakat asal jadi cara mengerjakannya dan itu adalah diduga unsur korupsi yang dapat merugikan keuangan negara,  kita tidak tau apakah ini Perubahan?

Saat global news konfirmasi kepada PLT Kadis PU Yulius Zai juga sebagai PPK di proyek peningkatan jalan di Desa banua gea melalui telepon seluler kamis (03/11/2016) tidak berhasil karna alasan sibuk menerima tamu, katanya bentar lagi di hubungi. (Bazatulo zega)

TerPopuler