Meningkatkan Loyalty Pelanggan Dengan Sistem Point Reward Yang Menarik -->

Meningkatkan Loyalty Pelanggan Dengan Sistem Point Reward Yang Menarik

Minggu, 04 November 2018, 1:25:00 AM
Jakarta - Ada banyak cara untuk mempertahankan pelanggan. Salah satunya dengan cara menggunakan Loyalty Program. Apa itu Loyalty Program? Loyalty Program merupakan sebuah program marketing yang bertujuan untuk menjaga hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara bisnis dan customer sehingga keberlangsungan pembelian terus menerus. Salah satu program yang dibuat adalah program point reward.
Apa itu sistem point reward? Setiap pelanggan melakukan pembelian, konsumen akan diberi poin yang harus dikumpulkan hingga mencapai nilai tertentu agar mendapatkan hadiah atau reward menarik.
Mengapa harus menggunakan point reward?  Dengan berlakunya program point reward, pelanggan akan terdorong untuk menggunakan atau membeli  produk dalam jumlah yang lebih sering dan lebih banyak. Artinya, si pelanggan bisa dibilang aktif terhadap keberadaan produk kita, semakin si pelanggan aktif, maka si pelanggan akan semakin loyal.  Lalu seperti apa saja reward-nya?
1. Discount
Salah satu bentuk reward yang dapat diberikan kepada pelanggan setia yang mengumpulkan point adalah discount. Dengan memberikan discount, pelanggan akan terdorong untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Misalnya seperti sebuah perusahaan retail makanan yang akan memberikan potongan harga produk 2 minuman kaleng soda kepada member yang memiliki poin 200.
2. Voucher
Berikutnya adalah voucher. Ketika si pelanggan mengumpulkan poin dan mencapai nilai lebih, maka ia berhak mendapat voucher sebagai alat transaksi penukaran yang bernilai tertentu. Itupun yang dilakukan oleh Prezent Digital voucher MarketPlace dari PT Sprint Asia Technology dalam membuat bisnis solusi untuk kebutuhan loyalty program. Misalnya, sebuah aplikasi travel yang mengadakan sistem poin bagi setiap pengguna terdaftar yang membeli tiket travel melalui aplikasi akan mendapatkan 1 poin. 1 poin senilai dengan Rp 100,- jika si pelanggan berhasil mengumpulkan 150 poin, maka sama dengan pelanggan berhasil mengumpulkan uang senilai Rp. 150.000,- dan ia berhak mendapatkan tiket voucher wahana wisata yang senilai dengan poin yang dikumpulkan. Begitu juga si pelanggan dapat menukarkan poin yang ia punya dengan bermacam-macam merchant sudah disediakan oleh si perusahaan tersebut.
3. Cashback
Reward yang menarik selanjutnya adalah cashback. Sebagian dari kalian mungkin ada yang belum mengetahui cashback, cashback adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk senilai tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback. Dalam hal ini, salah satu syarat yang berlaku adalah nilai poin. Misalnya seperti sebuah restoran makan yang akan memberikan cashback kepada pelanggan yang mengumpulkan poin sebanyak 500, maka ia berhak menukarkan poin dengan cashback sejumlah uang dengan nominal tertentu atau mendapatkan makanan tertentu.

TerPopuler