Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan

Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan

Kamis, 02 April 2020, 4:20:00 PM
Medan - Kembali, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kota Medan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah wilayah Kota Medan, Kamis (2/4/2020). Langkah ini dilakukan secara berkesinambungan sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 di Ibukota Provinsi Sumut.

Sebanyak 200 petugas gabungan sejak pagi telah bersiap dan berkumpul di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan di Komplek PIK Menteng, Jalan Medan Tenggara (Menteng), Kecamatan Medan Denai. Adapun petugas gabungan terdiri BPBD Kota Medan, Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K), TNI-Polri dan Satpol PP Kota Medan.

Sebelum dimulai, kegiatan diawali dengan apel petugas dipimpin Kepala BPBD Arjuna Sembiring yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Covid -19 Kota Medan. Tampak seluruh petugas telah bersiap lengkap dengan armada dan alat pelindung diri yang telah digunakan selama melakukan penyemprotan dan didampingi oleh komandan regu masing-masing.

Dalam arahannya, Arjuna mengatakan kegiatan penyemprotan akan terus dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan warga Kota Medan, mengingat hingga saat ini kasus Covid-19 di Kota Medan setiap harinya menunjukkan ada kenaikan. Maka perlu dilakukan langkah-langkah preventif guna menekan penyebaran Covid-19.

"Hari ini kita akan melakukan penyemprotan di kawasan Medan Johor, Medan Perjuangan, Jalan SM Raja, Kantor PDAM Tirtanadi dan Pasar Pringgan. Kepada komandan regu, kami minta agar memantau dan mengawasi anggota yang bertugas di lapangan agar semuanya berjalan efektif," kata Arjuna.

Selanjutnya, Arjuna berpesan kepada petugas gabunga untuk tetap memperhatikan prosedur tugas yang berlaku sehingga tetap aman dan terlindungi. "Tetap semangat. Jadikan tugas ini sebagai ladang pahala bagi kita," ungkapnya seraya mengajak petugas untuk terlebih dahulu berdoa sebelum penyemprotan dilakukan.

Diakui Arjuna, dalam seharinya BPBD Kota Medan menghabiskan ribuan liter cairan disinfektan yang disemprotkan menggunakan armada mobil BPBD dan P2K Kota Medan. Untuk menjangkau rumah warga, pihaknya juga berkoordinasi agar penyemprotan dilakukan melalui pihak kecamatan se-Kota Medan.

Selain itu juga, sejauh ini lanjutnya ada 200 titik yang telah dilakukan penyemprotan. Bahkan untuk seluruh pasar tradisional, rumah ibadah, sekolah dan kampus di Kota Medan juga telah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan. Terlebih, dalam satu harinya, tim gugus tugas akan melakukan penyemprotan sebanyak dua kali yakni pagi dan sore hari.

TerPopuler